Rabu, 26 Oktober 2011

SISTEM OPERASI

Sistem Operasi
seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi boot diri.

Tujuan dan Fungsi
  • kenyamanan - Membuat komputer lebih mudah digunakan
  • efisiensi - Membiarkan lebih baik menggunakan sumber daya komputer 
Berikut Contoh Layers dan Tampilan Sistem Komputer 


Layanan Sistem Operasi
  • Program penciptaan
  • pelaksanaan Program
  • Akses ke I / O device
  • Terkendali akses ke file
  • Kesalahan deteksi dan respon
Berikut O / S sebagai Manager Sumber Daya



Jenis Sistem Operasi
  • interaktif 
  • Batch
  • Program tunggal (Uni-programming)
  • Multi-pemrograman (multi-tasking) 
Sistem Batch Sederhana         
satu di mana pekerjaan yang dibundel bersama-sama dengan instruksi yang diperlukan untuk memungkinkan mereka untuk diproses tanpa intervensi.

Fungsi Dari Sistem Batch Sederhana
  • Residen Memantau Program
  • Pengguna menyerahkan pekerjaan ke operator
  • Memantau kontrol urutan peristiwa untuk batch proses
  • Ketika satu pekerjaan selesai, kontrol kembali ke Monitor yang berbunyi pekerjaan berikutnya
  • Memantau menangani penjadwalan 
Job Control Language
Seringkali pekerjaan yang sifatnya serupa dapat digabungkan bersama-sama untuk lebih meningkatkan perekonomian. 
Instruksi ke Monitor
Biasanya dilambangkan dengan $
misalnya
$ PEKERJAAN
$ FTN
... Beberapa Fortran instruksi
$ LOAD
$ RUN
... beberapa data
$ AKHIR
Kontrol pekerjaan Bahasa


Fitur Diinginkan Perangkat Keras  
  • proteksi memori Untuk melindungi Monitor
  • Timer Untuk mencegah pekerjaan memonopoli sistem
  • Keistimewaan instruksi Hanya dijalankan oleh Monitor
    misalnya I / O
  • interupsi Memungkinkan untuk melepaskan dan mendapatkan kembali kontrol
Multi-diprogram Sistem Batch
  • I / O device sangat lambat
  • Ketika satu program yang menunggu untuk I / O, lain dapat menggunakan CPU
Berikut Contoh Single Program
 
 
Multi-Programming with Two Programs



 Multi-Programming with Three Programs    



Time Sharing Systems  
Memungkinkan pengguna untuk berinteraksi langsung dengan komputer. yakni Interaktif Multi-pemrograman memungkinkan sejumlah pengguna untuk berinteraksi dengan komputer. 


Penjadwalan
  • Kunci untuk multi-pemrograman
  • jangka panjang
  • jangka menengah
  • jangka pendek
  • I / O
Penjadwalan Jangka Panjang
  • Menentukan program mana yang diajukan untuk pengolahan
  • Setelah diserahkan, pekerjaan menjadi proses untuk jangka pendek penjadwal  
  • (atau menjadi pekerjaan bertukar keluar untuk jangka menengah scheduler) 
Penjadwalan Jangka Menengah 
  • Bagian dari fungsi swapping (kemudian ...)
  • Biasanya didasarkan pada kebutuhan untuk mengelola multi-pemrograman
  • Jika tidak ada memori virtual, manajemen memori juga masalah 
Penjadwal Jangka Pendek   
  • dispatcher
  • Berbutir halus keputusan yang pekerjaan untuk mengeksekusi berikutnya
  • yaitu yang benar-benar pekerjaan yang bisa menggunakan prosesor dalam slot waktu berikutnya 
Berikut Process States 

 
Process Control Block
  • identifier
  • negara
  • Prioritas
  • program counter
  • memori pointer
  • konteks data
  • I / O Status
  • informasi akuntansi      
Key Elements of O/S




Process Scheduling


Manajemen memori
   Uni-program
  • Memori terbagi menjadi dua
  • Satu untuk Sistem Operasi (monitor)
  • Satu untuk saat ini melaksanakan program
  Multi-program
  • "Pengguna" bagian adalah sub-dibagi dan berbagi di antara proses aktif
Swapping
  • Masalah: I / O adalah sangat lambat dibandingkan dengan CPU bahwa bahkan dalam multi-pemrograman sistem, CPU dapat menganggur sebagian besar waktu
 solusi: 
  • Meningkatkan memori utama mahal menghasilkan program yang lebih besar swapping 
Apa itu Swapping?
Swapping adalah Antrian proses jangka panjang disimpan pada disk. Proses "menukar" dalam sebagai ruang tersedia. Sebagai suatu proses selesai itu adalah pindah keluar dari memori utama Jika tidak ada proses dalam memori siap (yaitu semua I / O diblokir). Swap keluar proses diblokir untuk antrian menengah Swap dalam proses siap atau proses baru Tapi swapping proses I / O


  
Partisi
Memisahkan memori menjadi beberapa bagian untuk mengalokasikan ke proses (termasuk Sistem Operasi). Partisi berukuran tetap mungkin tidak ukuran yang sama. Proses dipasang ke dalam lubang terkecil yang akan membawa itu (cocok). Beberapa memori terbuang memimpin ke partisi berukuran variabel.

Relokasi
Tidak ada jaminan bahwa proses akan memuat ke dalam tempat yang sama di memori. Instruksi berisi alamat Lokasi data alamat untuk instruksi (branching). Alamat logis - relatif terhadap awal program fisik alamat - lokasi yang sebenarnya di memori (saat ini) otomatis konversi menggunakan alamat dasar.

Paging
Membagi memori ke dalam ukuran yang sama, potongan kecil-halaman frame. Split program (proses) menjadi potongan kecil berukuran sama - halaman. Mengalokasikan frame nomor halaman yang diperlukan untuk proses. Sistem Operasi mempertahankan daftar frame bebas. Sebuah proses tidak memerlukan frame halaman bersebelahan gunakan tabel halaman untuk melacak.

Logical and Physical Addresses - Paging 

 
Virtual Memori      
Memori virtual (dalam bahasa Inggris: virtual Memory) adalah sebuah mekanisme yang digunakan oleh aplikasi untuk menggunakan sebagian dari memori sekunder seolah-olah ia menggunakannya sebagai RAM fisik yang terinstal di dalam sebuah sistem. Mekanisme ini beroperasi dengan cara memindahkan beberapa kode yang tidak dibutuhkan ke sebuah berkas di dalam hard drive yang disebut dengan swap file, page file atau swap partition.

Virtual Memori
  • Tidak memerlukan semua halaman dari sebuah proses di memori
  • Bawa di halaman sebanyak yang diperlukan kesalahan halaman 
  • Halaman yang dibutuhkan tidak ada di memori Sistem operasi harus swap di halaman yang dibutuhkan 
  • Mungkin perlu untuk menukar keluar sebuah halaman untuk membuat ruang
Thrashing  
adalah situasi di mana sejumlah besar sumber daya komputer digunakan untuk melakukan pekerjaan minimal, dengan sistem dalam keadaan terus-menerus pertentangan sumber daya
Ciri - Ciri
  • Terlalu banyak proses di memori terlalu sedikit
  • Sistem Operasi menghabiskan seluruh waktu swapping
  • Cahaya disk pada semua waktu
  • Kerja nyata sedikit atau tidak dilakukan
Solusi 
  • Halaman penggantian algoritma yang baik
  • Kurangi jumlah proses yang berjalan
  • Fit lebih banyak memori
Struktur Tabel Halaman  

 
segmentasi     
  • Paging tidak (biasanya) terlihat ke pemrogram
  • Segmentasi terlihat ke pemrogram
  • Biasanya segmen yang berbeda dialokasikan untuk program dan data
  • Mungkin sejumlah segmen program dan data
Keuntungan dari Segmentasi     
  • Menyederhanakan penanganan struktur data tumbuh
  • Memungkinkan program yang akan dikompilasi ulang diubah dan independen, tanpa re-menghubungkan dan re-loading  
  • Cocok untuk berbagi antara proses
  • Cocok untuk perlindungan
  • Beberapa sistem menggabungkan segmentasi dengan paging
    




Sabtu, 22 Oktober 2011

INPUT / OUTPUT

Unit input adalah unit luar yang digunakan untuk memasukkan data dari luar ke dalam mikroprosesor ini, contohnya data yang berasal dari keyboard atau mouse. Sementara unit output biasanya digunakan untuk menampilkan data, atau dengan kata lain untuk menangkap data yang dikirimkan oleh mikroprosesor, contohnya data yang akan ditampilkan pada layar monitor atau printer.
Berbagai macam peripheral
  • Menyampaikan berbagai data dalam jumlah
  • Pada kecepatan yang berbeda
  • Dalam format yang berbeda    
Lebih lambat dari CPU dan RAM Semua
Perlu saya / O modul
 

Input/Output Module
  • Interface ke CPU dan Memori
  • Interface ke satu atau lebih periferal
  • MODEL UMUM DIAGRAM I / O 6.
External Device
Disebut juga peripheral, Memiliki nilai apabila bisa berinteraksi dengan dunia luar dan Tidak akan berfungsi apabila tidak dapat berinteraksi dengan dunia luar.

I/O Module function
  • Kontrol & Waktu
  • CPU Komunikasi
  • perangkat Komunikasi
  • Data Buffer
  • Deteksi kesalahan
I/O Steps
  • CPU memeriksa I / O Status modul perangkat
  • Modul I / O Status pengembalian
  • Jika siap, CPU meminta transfer data
  • Modul I / O mendapatkan data dari perangkat
  • Modul I / O transfer data ke CPU
  • Variasi untuk output, DMA, dll.
Berikut Module Diagram

I/O Module Decision
  • Menyembunyikan atau mengungkapkan sifat perangkat ke CPU
  • Dukungan beberapa perangkat atau tunggal
  • Kontrol fungsi perangkat atau meninggalkan untuk CPU
I/O techniques  
  • Programed 
  • Interrupt driven
  • Direct Memory Access (DMA)
Programed I/O
CPU memiliki kontrol langsung atas I / O untuk penginderaan Status, Membaca / menulis perintah dan
mentransfer data
. CPU menunggu modul I / O untuk operasi lengkap Limbah waktu CPU.
Secara detail dapat  dijabarkan sebagai berikut : 
  • CPU meminta I / O operasi
  • Modul I / O melakukan operasi
  • CPU memeriksa bit status yang secara berkala
  • Modul I / O tidak memberitahu CPU secara langsung
  • Modul I / O tidak mengganggu CPU
  • CPU mungkin menunggu atau kembali lagi nanti
I/O Commands
Masalah Alamat CPU Mengidentifikasi modul (& perangkat jika> 1 per modul). CPU masalah perintah
Kontrol - modul memberitahu apa yang harus dilakukan
.






Addressing I/O Device   
Di bawah diprogram I / O transfer data sangat seperti akses memori (sudut pandang CPU) Setiap perangkat diberi pengenal unik Perintah CPU berisi pengenal (alamat).

Interrupt Driven I/O Basic Operation  
  • Masalah CPU membaca perintah
  • Modul I / O mendapatkan data dari CPU
  • sementara tidak bekerja perifer lainnya   
Multiple interrupts
  • Setiap baris interrupt memiliki prioritas
  • Garis prioritas yang lebih tinggi dapat mengganggu jalur prioritas yang lebih rendah
  • Jika bus mastering hanya master saat ini dapat mengganggu
ISA Bus Interrupt System   
Bus ISA rantai dua 8259As bersama-sama Link adalah melalui interupsi 2 Memberikan 15 baris 16 baris kurang satu untuk link IRQ 9 digunakan untuk kembali rute apa pun mencoba untuk menggunakan IRQ 2
kompatibilitas mundur
.
Berikut ISA Interrpts Layout  

 
DMA (Direct Memory Access)

DMA ialah sebuah prosesor khusus (special purpose processor) yang berguna untuk menghindari pembebanan CPU utama oleh program I/O (PIO). Untuk memulai sebuah transfer DMA, host akan menuliskan sebuah DMA command block yang berisi pointer yang menunjuk ke sumber transfer, pointer yang menunjuk ke tujuan transfer, dan jumlah byte yang ditransfer, ke memori. CPU kemudian menuliskan alamat command block ini ke pengendali DMA, sehingga pengendali DMA dapat kemudian mengoperasikan bus memori secara langsung dengan menempatkan alamatalamat pada bus tersebut untuk melakukan transfer tanpa bantuan CPU.

Operasi DMA
  • DMA controller memberitahu CPU 
  • CPU melanjutkan pekerjaan lain
  • DMA controller mengirimkan interupsi ketika selesai
Siklus transfer DMA 
  • DMA controller mengambil alih bus untuk siklus
  • Transfer data satu kata
  • Tidak interrupt
  • CPU ditangguhkan sebelum ia mengakses bus yaitu sebelum mengambil operand atau data atau menulis data   
  • Memperlambat CPU, tetapi tidak sebanyak mentransfer CPU melakukan
DMA Configurations (1)  

keterangan : 
  • Bus tunggal, DMA controller Terpisah
  • Setiap transfer menggunakan bus dua kali I / O ke DMA DMA ke memori kemudian CPU ditangguhkan dua kali      
Small Computer Systems Interface (SCSI)
merupakan set standar untuk menghubungkan secara fisik dan mentransfer Data antara komputer dan periferal . SCSI mendefinisikan perintah, protokol (komputer) dan antarmuka listrik dan optika . SCSI ini paling sering digunakan untuk Cakram Keras, tetapi dapat menghubungkan berbagai perangkat lain, termasuk pemindai dan drive CD . SCSI mendefinisikan set perintah secara spesifik untuk jenis periferal, 
Ciri Ciri SCSI :
  • Parallel interface
  • 8, 16, 32 bit data lines
  • Perangkat independen
  • Perangkat dapat berkomunikasi satu sama lain juga sebagai tuan rumah
SCSI Signaling (1) 
  • Antara inisiator dan target Biasanya host & perangkat 
  • Arbitrase - mengendalikan bus (c.f. PCI)
  • Memungkinkan rekoneksi setelah suspensi misalnya jika permintaan membutuhkan waktu untuk mengeksekusi, bus dapat dilepaskan  
SCSI Signaling (2)
  • Perintah - target meminta dari inisiator
  • data permintaan
  • Status permintaan
  • Pesan permintaan
SCSI Bus Phases
 

Configurasi SCSI
Bus harus diakhiri di setiap akhir, Biasanya salah satu ujungnya adalah host adapter, Pasang di terminator atau beralih (es
SCSI Id harus diatur, Jumlah yang lebih tinggi merupakan prioritas tinggi pada arbitrase

Fire Wire Configuration
  • Daisy chain Sampai dengan 63 perangkat pada port tunggal
  • Sampai 1022 bus dapat dihubungkan dengan jembatan
  • konfigurasi otomatis
  • Tidak ada bus terminator  
Fire Wire V SCSI
FireWire Layer 3 Stack 
fisik
  • Transmisi menengah, listrik dan karakteristik sinyal
link
  • Transmisi data dalam paket
transaksi
  • Permintaan-respon protokol
FireWire - Physical Layer     
  • Data rate dari 25 hingga 400Mbps 
  • Dua bentuk arbitrase : Berdasarkan struktur pohon Akar bertindak sebagai arbiter Pertama datang pertama dilayani Prioritas alami kontrol permintaan simultan yaitu yang terdekat untuk root arbitrase yang adil mendesak arbitrase
FireWire - Link Layer
Dua jenis transmisi
 
 
  

Minggu, 16 Oktober 2011

MEMORY

Memory
Memori merupakan bagian dari komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan informasi yang harus diatur dan dijaga sebaik-baiknya. Sebagian besar komputer memiliki hirarki memori yang terdiri atas tiga level, yaitu:   
1. Register di CPU, berada di level teratas.
2. Primary Memory (executable memory), berada di level tengah.
3. Secondary Memory, berada di level bawah.

Karakteristik Memory
lokasi memory terdapat di dalam CPU, internal memory dan external memory
satuan memory dapat dilihat dari ukuran word dan banyaknya word
Satuan transfer memory meliputi internal- jumlah bit dalam sekali akses, External- dalam satuan block yang merupakan kelipatan word, addresable unit- lokasi terkecil yang dapat di alamati secara uniqu
Metode akses
  • Sekuensial - mulai dari awal sampai lokasi yang dituju. waktu akses tergantung pada lokasi data dan lokasi sebelumnya. contoh : Tape
  • Direct - Setiap block memiliki addres yang unique. pengaksesan dengan cara lompat kekisaran umum di tambah pencarian sekuensial. contoh : disk
  • Random : Setiap lokasi mempunyai alamat tertentu. waktu akses tidak tergantung pada urutan akses sebelumnya. contoh : cache
  • Associative : Data dicari berdasarkan isinya bukan berdasarkan alamatnya. waktu akses tidak tergantung terhadap lokasi atau pola akses sebelumnya contoh : cache
Hierarki memory
Register dalam CPU
internal Memory (RAM) Bisa lebih dari level dengan adanya cache
External Memory Penyimpanan cadangan

Dinamic RAM 
  • Bit tersimpan berupa muatan dalam capacitor
  • muatan dapat bocor
  • konstruksi sederhana
  • murah 
  • main memory
  • lambat
Static RAM
  • Bit disimpan sebagai switches on/off
  • Tidak ada kebocoran
  • ukuran per bit lebih besar
  • konstruksi lebih komplex
  • tidak memerlukan refresh - circuit
  • lebih cepat
Read Only Memory (ROM) memory yang menyimpan secara permanen
Jenis ROM
  • ditulisi pada saat dibuka
  • programmable. diperlukan peralatan khusus untuk memprogram 
  • read "mostly" 
 Organisasi 
  • 16Mbit chip dapat disusun dari 1M x 16Bit word
  • 1 bit/chip memiliki 16 lot dengan bit ke 1 dari setiap word berada pada chip 1
  • 16Mbit dapat disusun dari array 2048 x 2048 x 4bit
Berikut Contoh 16 Mb Dram (4M x 4)



Cache 
Cache adalah memory cepat dengan kapasitas yang sedikit, terletak antara main memory dengan CPU. cache bisa saja diletakakan dalam chip CPU atau module tersendiri.
berikut contoh skema Cache
Operasi pada Cache
  • CPU meminta isi data dari lokasi memori tertentu
  • periksa data tersebut di cache
  • cache berisi tags untuk identitas block dari main memri yang berada di cache
Berikut  Organisasi Cache








 
Fungsi Mapping
  • Ukuran Cache 64kbyte
  • Ukuran block 4bytes
  • Main memory 16MBytes
  • jalur alamat perlu 24 bit
Direct Mapping
  • Setiap block main memory dipetakan hanya ke satu jalur cache
  • address terbagi dalam 2 bagian
  • LS-w-bit menunjukan word tertentu
  • Ms-s-bit menentukan 1 block memori
  • MSB terbagi menjadi field jalur cache r dan tag sebesar s-r(most significant)
Table Cache line pada Direct Mapping

Cache line  blocks main memori
0  0, m, 2m, 3m…2s-m
1  1,m+1, 2m+1…2s-m+1
m-1  m-1, 2m-1,3m-1…2s-1

Berikut Organisasi Cache Direct Mapping





Keuntungan & Kerugian Direct Mapping

  • Sederhana
  • Murah
  • Suatu block memiliki lokasi yang tetap
Associative Mapping
  • Block main memori dapat di simpan ke cache line mana saja
  • Alamat Memori di interpresi sebagai tag dan word 
  • tag menunjukan identitas block memorii
  • Setiap baris tag dicari kecocokanya
  • Pencarian data di cache menjadi lama
Set Associative Mapping
  • Cache dibagi dalam sejumlah sets
  • Setiap set berisi sejumlah line
  • Suatu block di maps ke line mana saja dalam set
Memory External
jenis memory External
  • Magnetic Disk - Metal atau plastic dilapisi dengan material yang bersifat magnet
  • Optical (CD-ROM)
  • Magnetic tape
Format dan Organisasi Data
  • Lingkaran konsentris atau track
  • track dibagi menjadi beberapa sector
  • Ukuran minimum block adalah satu sector
  • Satu block bisa berisi lebih dari satu sector
Floppy Disk
Floppy disk hanya mempunyai kapasitas kecil sampai 1.44Mbyte, cenderung lambat, umum dipakai


Removable Hard Disk
Murah, banyak digunakan samapi 100MB
Pencarian Sector Harus dapat mengenali awal suatu track dan sector

Multiple Platter
Satu head perside, semua head di-join dan di align. track-track yang setiap platter membentuk cylinder






    Minggu, 09 Oktober 2011

    SISTEM BUS

    System bus atau bus sistem, dalam arsitektur komputer merujuk pada bus yang digunakan oleh sistem komputer untuk menghubungkan semua komponennya dalam menjalankan tugasnya. Sebuah bus adalah sebutan untuk jalur di mana data dapat mengalir dalam komputer. Jalur-jalur ini digunakan untuk komunikasi dan dapat dibuat antara dua elemen atau lebih. Data atau program yang tersimpan dalam memori dapat diakses dan dieksekusi oleh CPU melalui perantara sistem bus. 
             Umumnya sebuah bus terdiri dari sejumlah lintasan komunikasi atau saluran. Masing-masing saluran dapat mentransimisikan signal yang menunjukkan biner 1 dan biner 0. Serangkaian digit biner dapat ditransmisikan melalui saluran tunggal. Dengan mengumpulkannya beberapa saluran dari sebuah bus dapat digunakan mentransmisikan digit biner secara bersamaan (secara paralel). Misalnya sebuah satuan data 8 bit dapat ditransmisikan melalui bus 8 saluran.

    Berikut susunan dari Sistem bus

    Konsep Program
    • Pemograman merupakan proses penghubunga berbagai komponen logik pada konfigurasi yang diinginkan untuk membentuk operasi aritmatik dan logik pada data tertentu.
    • Hardwired program tidak flexibel.
    • general purpose hardware dapat mengerjakan berbagai macam tugas tergantung sinyal kendali yang diberikan.
    • Dari pada melakukan re-wiring, lebih baik menambahkan sinyal-sinyal kendali yang baru.

    Fungsi control unit

    Untuk setiap operasi disediakan kode yang unik. contohnya adalah ADD, MOVE
    Bagian hardware tertentu menerima kode tersebut kemudian menghasilkan sinyal-sinyal kendali.

    Komponen yang diperlukan
    • Control Unit dan Arithmetic and Unit membentuk CPU
    • Data dan intruksi harus diberikan ke sistem dan dikeluarkan dari sistem contoh : I/O
    • Diperlukan tempat untuk menyimpan sementara kode intruksi dan hasil operasi. contoh : main memori
     Berikut Komponen Komputer : Top level View



     Siklus intruksi
    Interrupt
    Suatu mekanisme yang disediakan bagi modul-modul lain (mis.I/O) untuk dapat menginterupsi operasi normal CPU. misal : Overflow, division by zero

    Contoh Program Flow Control


    Siklus Interupsi
    processor memeriksa adanya interrupt dengan cara diberitahukan lewat interrpt signal. jika tidak ada interrupt, tetch next instruction. jika ada, tunda eksekusi dari program saat itu lalu simpan context, set PC ke awal address dari routine interrupt handler, proses interrupt, kembalikan context dan lanjutkan program yang terhenti.
    Multiple Interrupts
    Disable interrupts > Processor akan mengabaikan interrupt berikutnya dan interrupt tetap akan diperiksa setelah interrupt yang pertama selesai dilayani.
    Define priorities > Low priority interrupt dapat di interrupt oleh higher priority interrupt, setelah higher priority interrpt selesai dilayani akan kembali ke interrupt sebelumnya

    BUS
    Jalur komunikasi yang menghubungkan beberapa device, biasanya menggunakan cara broadcast. jalur sumber tegangan biasanya tidak diperlihatkan.

    Data bus
    Tidak dibedakan antara "data" dan "intruksi"
    Lebar jalur menentukan performance antara 8, 16,32,64 bit

     Addres bus
    Menentukan asal atau tujuan dari data. misalkan CPU perlu membaca intruksi(data) dari memori pada lokasi tertentu.
    Lebar jalur menentukan kapasitas memori maksimum dari sistem
    contoh : 8080 memiliki 16 bit address bus maka ruang memori maksimum adalah 64k

    Control Bus
    Sinyal read/write memory (MRD/MWR)
    Interrupt request (IRQ)
    Clock signal (CK)

    Berikut Skema Interuksi Bus
    Bentuk fisik Bus
    • jalur-jalur parallel PCB
    • Ribbon cables
    • Strip connecttors pada mother boards
    • Kumpulan kabel
    Problem pada Single Bus
    Banyak device pada bus tunggal menyebabkan : Jalur data yang panjang berarti memerlukan koordinasi pemakaian sehinggah berpengaruh pada performance. Kebanyakan sistem menggunakan multiple bus.

    Jenis bus
    • Dedicated adalah jalur data & addres terpisah
    • multiplexed adalah jalur bersama address dan data pada saat yang beda.
    Timing
    koordinator event pada bus
    • Event ditentukan oleh sinyal clock
    • control Bus termasuk jalur clock
    • siklus bus transmisi 1 ke 0
    • Semua device dapat membaca jalur clock
    • biasanya sinkronisasi terjadi pada tepi naik
     Berikut Diagram Synchronous Timing




    Bus PCI
    Peripheral Component Interconnection dikeluarkan oleh Intel sebagai public domain berkapasitas 32 atau 64 bit dan mempunyai 50 jalur.

    Jalur pada Bus PCI
    • jalur system clock and reset
    • Address & data
    • interface Control
    • Arbitrasi
    • error lines
    jalur Bus PCI (Optimal)
    • Interrupt line 
    • Cache support
    • 64 bit bus Extension
    • JTIAG